Pentingnya Mengatur Jadwal Pemberian Mpasi Secara Tepat

Zat Besi, Nutrisi Penting untuk Bunda Selama Menyusui

Ketika seorang bayi lahir, ia memang perlu mendapatkan ASI eksklusif karena ASI yang satu ini menjadi satu-satunya makanan terbaik bagi bayi yang umurnya nol hingga enam bulan. Sementara itu, ketika sudah memasuki usia 6 bulan, maka sang buah hati kita sudah bisa diberikan makanan pendamping. Melalui tahap ini, para orang tua harus berusaha untuk mengatur dengan benar jadwal pemberian mpasi bagi bayi yang berusia 6 bulan. Soalnya, melalui adanya penetapan jadwal pemberian mpasi, maka bayi 6 bulan secara tidak langsung akan memiliki pola makanan yang terpengaruh dari sana. Sementara itu, agar bayi tidak sembarangan menerima mpasi, ada baiknya kita merencanakan waktu makan sang buah hati per harinya sejak ia berusia 6 bulan. Lantas, apa saja sih pentingnya mengatur jadwal mpasi? Berikut ini ulasannya!

Sebagai orang tua yang baik, tentu kita harus memperhatikan agar kebutuhan gizi bayi bisa dipenuhi secara baik. Soalnya, jika kebutuhan gizinya terpenuhi, amak hal ini juga akan mendukung pertumbuhan serta perkembangannya. Bayi yang usianya nol sampai yang memasuki usia enam bulan hanya diperbolehkan untuk makan sekaligus minum dari ASI yang lebih sering dikenal sebagai ASI eksklusif. ASI sendiri merupakan makanan yang paling baik untuk anak bayi karena di dalam ASI terdapat kandungan zat gizi yang bisa dicerna secara mudah serta sesuai dengan kebutuhan bayi. Sementara itu, apabila sudah berusia 6 bulan, maka sistem pencernaan bayi sudah siap untuk mengolah makanan di luar ASI eksklusif. Maka dari itu, para orang tua sudah diperbolehkan untuk memberikan makanan pendamping asi alias mpasi.

Melalui adanya makan mpasi, maka bayi 6 bulan sudah bisa kita latih untuk beradaptasi dengan perubahan jenis makanannya. Hal ini sangatlah penting agar bayi tidak merasa kaget ketika ia baru mulai belajar makan sehingga tidak membuat sistem pencernaannya terganggu. Sementara itu, di sisi lain, orang tua yang sudah menyiapkan jadwal makan bayi 6 bulan secara teratur juga bisa membuat buah hati mereka untuk memahami tanda adanya rasa lapar maupun rasa kenyang.

Di sisi lain, pemberian jadwal makanan untuk bayi yang berusia 6 bulan ini akan melatih buah hati kita untuk terbiasa mengurangi jadwal ngemil yang terlalu sering. Sebenarnya, menikmati cemilan khusus untuk bayi memang tidak masalah. Akan tetapi, kita juga perlu memastikan agar pemberian caliman tersebut sudah sesuai dengan jadwal makan mpasi. Apabila orang tua tidak memberikan camilan sesuai dengan jadwal makan mpasi, maka besar kemungkinan sang bayi yang berusia 6 bulan ini justru merasa tidak lapar apabila terdapat jadwal maka makanan bersama.

Makanan mpasi sendiri tentunya menjadi makanan utama yang memiliki kandungan zat gizi yang tinggi serta beragam. Jadi, kandungan-kandungan ini berperan efektif untuk memenuhi kebutuhan harian bayi.  Untuk makanan utama bayi bisa terdiri atas asupan karbohidrat, protein, lemak, surat, serta mineral dan vitamin. Bukan hanya dari sisi bayi saja, adanya jadwal mpasi juga membantu para orang tua untuk memberikan makanan secara tepat waktu.

Lantas, apakah pemberian mpasi pada bayi berusia 6 bulan sulit? Tentu saja, jawabannya tidak selalu. Yang penting, kita bisa telaten untuk mengajarkan bayi makan sesuai dengan jadwal makan mpasi di usia 6 bulan bayi hingga seterusnya. Agar lebih bersemangat, kita bisa memadukan mpasi dengan makanan selingan seperti buah yang memiliki tekstur lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 11 =