Harga Kunyit

main image

Kunyit dikenal sebagai salah satu bumbu masak atau rempah yang memiliki warna oranye. Tidak hanya itu, rimpang kunyit juga kini sudah banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan utama untuk membuat jamu. Kunyit juga sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak dahulu, dan biasa disajikan dalam bentuk ramuan campuran atau gabungan komposisi dengan empon-empon lainnya. Kunyit memiliki kandungan sejumlah senyawa yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Adapun beberapa manfaat yang terkandung pada kunyit diantaranya adalah:

  • Mengatasi ketombe di rambut

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menyiapkan sebuah rimpang kunyit berukuran agak besar, kemudian bersihkan dan tumbuk hingga airnya keluar. Setelah airnya keluar, kemudian, gosokkan atau pijatkan sari kunyit ke kulit kepala yang berketombe. Diamkan sari kunyit sampai semalam atau  bisa juga beberapa jam supaya sarinya meresap. Kemudian cuci rambut dengan sampo seperti biasa. Lakukan langkah-langkah ini sampai beberapa kali hingga ketombe dirasa hilang.

  • Mengatasi haid yang tidak lancar

Untuk bisa memperoleh manfaat ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, siapkan dua 2 buah rimpang kunyit dengan ukuran sedang, setengah sendok teh ketumbar, setengah sendok teh biji pala, dan setengah genggam daun sri gading. Setelah itu tumbuk semua bahan sampai halus lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan 1 liter air lalu rebuslah sampai mendidih. Setelah mendidih dan didiamkan sebentar, saring airnya kemudian minum sebanyak satu gelas sehari.

  • Mengobati disentri

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat obatnya. Pertama, siapkan 1-2 buah rimpang kunyit lalu cuci sampai bersih. Setelah itu rebus dengan 2 gelas air dan tambahkan sedikit gambir dan kapur sirih. Rebus sampai airnya tinggal segelas. Lalu saring terlebih dahulu, kemudian minum.

  • Menyembuhkan bengkak karena gigitan serangga atau ulat

Pertama, parut 2-3 buah rimpang kunyit segar lalu tambahkan seperempat sendok makan kapur sirih. Campur semuanya hingga merata kemudian oleskan bahan tersebut pada bagian tubuh yang bengkak.

  • Mengobati borok atau koreng

Pertama, siapkan sebuah rimpang kunyit lalu bersihkan. Kemudian parut dan tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Bungkus campuran bahan dengan daun pisang lalu dipanggang di atas bara hingga panas. Kemudian oles atau tempelkan ramuan di bagian yang sakit.

  • Mengatasi amandel

Adapun untuk membuat ramuannya, kamu bisa menyiapkan 1-2 rimpang kunyit, sebuah jeruk nipis, dan 2 sendok madu. Pertama, parut kunyit dan peras jeruk nipis untuk diambil airnya. Lalu campur bahan tadidengan madu dan setengah gelas air hangat lalu aduk dan saring sebelum diminum. Minum sebanyak 2 hari sekali.

  • Mengobati hepatitis

Siapkan rimpang kunyit segar sebesar 1 jari kemudian cuci bersih lalu parut. Campur kunyit yang sudah diparut dengan 2 sendok makan air panas dan 1 sendok madu. Setelah itu peras dan saring terlebih dahulu sebelum diminum. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh

  • Adapun manfaat kunyit lainnya adalah mengobati gangguan lambung (stomakhikum), stimulansia, menetralisasi racun, meningkatkan nafsu makan, karminatif atau perangsang keluarnya gas perut, mengobati dan mencegah radang lemak sendi tulang, mengobati rematik, dan memperbaiki gangguan pencernaan.

Adapun harga kunyit kuning basah sekitar Rp5.000 per kilogram. Kunyit kuning basah ini juga lebih diminati untuk bumbu dapur. Ada juga kunyit putih segar sebagai rempah yakni dijual dengan harga Rp10.000 per kilogram, kunyit putih kering sekitar Rp5.000, dan kunyit putih dalam bentuk kemasan harganya sekitar Rp20.000 per 200 gram. Namun harga ini tidak pasti dan bisa berubah sewaktu-waktu serta tergantung dengan tempat atau pasar tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =