Fungsi Komunikasi Bisnis yang Anda Perlu Tahu


Setiap orang yang memiliki suatu bisnis pasti menginginkan bisnis tersebut dapat berjalan lancar dan terus berlangsung hingga waktu yang lama. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka komunikasi bisnis menjadi salah satu kemampuan yang perlu dimiliki. Memiliki kemampuan komunikasi bisnis yang efektif akan membantu perusahaan anda untuk semakin berkembang.

Dalam prakteknya, komunikasi bisnis memiliki empat fungsi utama untuk menunjang usaha anda, yaitu:

Fungsi Integratif

Fungsi integratif bertujuan untuk menciptakan atmosfer kerja yang kondusif. Dengan kondisi yang kondusif, aktivitas yang terjadi dalam perusahaan akan berlangsung dengan lebih efektif dan efisien. Fungsi integratif juga mencakup fungsi koordinasi seperti penetapan jadwal kegiatan perusahaan, penetapan otoritas dan saluran informasi, serta pelatihan para pekerja di perusahaan. Dengan adanya fungsi integirtas, maka setiap proses dari hulu hingga hilir dapat berlangsung secara terpadu tanpa ada yang tertinggal.

Fungsi Persuasif

Fungsi persuasif dalam komunikasi bisnis tercermin melalui kegiatan negosiasi yang biasa dilakukan oleh perusahaan. Pada saat mengadakan negosiasi bisnis, biasanya akan dicari keputusan yang merupakan win-win solution yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Fungsi ini bertujuan untuk mengubah pola pikir, kepercayaan, dan sikap seseorang sehingga orang tersebut dapat bertindak sesuai dengan yang diharapkan perusahaan sebagai komunikator.

Fungsi Informatif

Dalam melakukan komunikasi bisnis, fungsi informatif merupakan hal yang bersifat global. Oleh karena itu, siapapun yang terlibat di dalam perusahaan dapat melakukan komunikasi bisnis. Informasi tersebut dapat berupa informasi produksi, pemasaran, penjualan, keuangan, dan informasi lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Fungsi informatif ini pada dasarnya bertujuan untuk mendukung keberlangsungan operasional perusahaan, aktivitas pimpinan perusahaan, dan juga karyawan perusahaan.

Fungsi Regulatori

Selain dari ketiga fungsi tersebut, fungsi komunikasi bisnis juga adalah sebagai regulator atau pengendali dan pengatur berbagai aktivitas yang berada di dalam perusahaan. Termasuk aktivitas produksi, promosi, dan lainnya hingga akhir proses. Fungsi regulator ini dapat terlihat dalam bentuk laporan dari karyawan ke pimpinan perusahaan atau berupa perintah dari pimpinan kepada karyawan perusahaan.

Itulah empat fungsi dari komunikasi bisnis yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya, fungsi tersebut pasti dilakukan oleh seluruh perusahaan baik yang membuka toko konvensional ataupun toko online seperti KIDO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + one =