Fakta Menarik Tentang Perbedaan Antara Susu Dan Krimer Kental Manis

Susu Kental Manis Tetap Aman Dikonsumsi Secara Umum

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan pernyataan jika susu kental manis atau SKM merupakan susu yang aman untuk dikonsumsi. Lalu apa yang membedakan antara produk susu ini dengan krimmer kental manis? Berikut beberapa fakta menarik tentang perbedaan antara susu dan krimer kental manis diantaranya yaitu :

  • Direktur pengawasan pangan risiko tinggi dan teknologi baru yaitu Tetty Helfery Sihombing mengatakan jika krimer kental manis bisa mengandung susu atau krim didalam sebuah konferensi pers di Aula Gedung C BPOM Percetakan Negara Jakart Pusat pada 9 Juli 2018. Sedangkan susu yang kental manis merupakan sebuah produk yang hanya mengandung susu. Ada juga krimer kental manis yang memasukkan susu tetapi jika dibandikan dengan susu yang kental manis kandungan susunya itu lebih sedikit.
  • Susu yang kental manis sejak awal kemunculannya memang diharuskan mengandung susu dan hal ini semakin diperjelas didalam peraturan BPOM No 21 Tahun 2016 yang mendefinisikan susu jenis ini secara rinci. Didalam beleid itu telah dijelaskan jika susu yang kental manis merupakan produk susu yang berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan cara menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan juga gula sehingga akan dicapainya tingkat kepekatan tertentu. Atau produk ini merupakan hasil rekonstitusi susu bubuk yang ditambah dengan gula atau ditambah dengan tambahan bahan yang lainnya.
  • Susu yang kental manis khususnya dibuat dari susu sapi yang terdiri dari campuran gula dan air serta memiliki kepadatan susu sebesar 20 %. Selain memiliki kepadatan susu tetapi juga ada kandungan yang lainnya seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak. Susu manis ini karakteristik dasarnya memiliki kadar lemak susu yang tidak kurang dari 8 % dan untuk plaon kadar protein yang tidak kurang dari 6,5 %. Menurut Kepala Badan POM RI Perry Lukito menegaskan jika susu kental manis aman di konsumsi.

Itulah beberapa fakta menarik tentang perbedaan antara susu dan krimer kental manis. Perbedaan lainnya adalah susu kental manis mempunyai nilai gizi yang hampir sama dengan kualitas gizi dari susu lainnya. Yang membedakannya adalah antara susu yang kental manis dan produk susu lainnya seperti cair ataupun bubuk hanya pada jumlah kandungan didalam susu. Siap saja bisa mengkonsumsi susu yang manis ini asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Tetapi susu ini tidak cocok dikonsumsi oleh bayi dan bagi pertumbuhan anak juga perlunya diperhatikan kebutuhan akan tercukupinya protein hewani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − 1 =