Cara Mendidik Anak 5 Tahun

Tips Mengatasi Overthinking Bagi Ibu Rumah Tangga yang Bekerja

Anak 5 tahun adalah usia dimana anak sudah mulai memahami banyak hal dan mulai ingin melakukannya tanpa bantuan. Anak 5 tahun juga saatnya sekolah Tk dan bertemu dengan orang banyak. Anak 5 tahun butuh perhatian khusus sehingga anda jangan bairkan anak 5 tahun berkembang tanpa arahan. Jadi anda jangan hanya fokus pada adiknya jika anak 5 tahun anda anak pertama. Pastikan juga anda tidak membagi perhatian berlebihan pada adiknya. Anak usia 5 tahun juga mulai merasa tahu apa yang dia ucapkan selalu merasa benar dan terkadang susah untuk diberi tahu. Jadi anda harus paham bagaimana mendidik anak usia 5 tahun. Sebagai awalannya anda bisa membaca beberapa cara berikut ini yang bisa anda tiru untuk mendidik anak usia 5 tahun seperti yang dilansir oleh situs parenting.

  • Ajarkan Kedisiplinan

Cara pertama untuk mendidik anak usia 5 tahun adalah kedisiplinan. Anak usia 5 tahun yang mulai ingin apa-apa sendiri, sangat baik untuk diajarkan kedisiplinan. Kedisplinan dari menaruh barang di tempatnya setelah dipakai. Kemudian memakai baju tanpa bantuan dan juga kalau bisa anak memakai tali sepatu sendiri. Nah anda mulai juga kedisplinan dalam tidur tepat waktu. Jadi jika waktu sudah menunjukkan pukul 9 malam, harus masuk kamar dan tidur. Pastikan juga anak gosok gigi dahulu. Lakukan hal tersebut terus menerus dan jangan pernah bosa mengingatkan. Dengan begitu anak akan terbiasa dan menjadi disiplin.

  • Tunjukkan Perbuatan Baik

Poin atau cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak usia 5 tahun adalah dengan menunjukkan perbuatan baik. Dikarenakan mereka sudah mulai mengerti mana yang baik dan tidak baik. Anda harus menunjukkan jangan hanya bicara saja. Jadi misalnya ajarkan untuk ibadah tepat waktu dan jangan sampai ketinggalan. Tentunya anda juga ahrus shalat tepat waktu dan jangan kelewat. Tunjukkan juga untuk membantu sesama dengan membagikan makanan kepada fakir miskin. Hal kecil bisa menjadi hal yang istimewa untuk anak anda. dengan tunjukan perbuatan baik juga akan membuat anak anda menirunya dan mengamalkannya. Jangan sampai anda melakukannya tidak depan anak, semua dilakukan agar anak menjadi pribadi yang baik.

  • Berbicara Dengan Kelembutan

Cara ketiga dalam mendidik anak usia 5 tahun adalah dengan kelembutan. Dimulai dengan nada bicara anda yang lembut. Hal ini dikarenakan anak umur 5 tahun akan sangat kecewa dan bisa berakibat fatal pada kesehatan mentalnya jika anda membuat luka di hatinya dengan berbicara keras dan emosi. Anak di usia 5 tahun sudah dapat mengingat semuanya dan bisa menceritakan kembali pada orang lain. Jadi anda sebaiknya menjaga nada bicara anda untuk tetap lembut. Hal ini akan membuat anak anda juga menjadi pribadi yang lembut.

  • Selalu Berikan Pujian

Hal yang terakhir tidak boleh lupa anda lakukan yaitu memberikan pujian. Pujian yang anda lontarkan bisa membuat anak anda senang dan merasa apa yang dilakukannya tidak sia-sia. Hal ini juga akan membuat anak anda menjadi anak yang percaya diri kedepannya. Jadi anda bisa memberikan pujian meskipun hal kecil saja yang dilakukannya. Jadi anda bisa memuji ketika anak makan sendiri, membereskan mainannya sendiri atau hanya mengambil minum sendiri. Anda bisa memujinya dan tidak akan membuat anak anda menjadi anak yang pemalu denga sering memuji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + three =