Beberapa Jenis Termometer yang Sering Digunakan

Jual Onemed Termometer Digital Thermo One - Putih di Seller Pusat Alkes -  Kota Surabaya, Jawa Timur | Blibli
source gambar : blibli.com

Thermometer atau alat pengukur suhu merupakan komponen penting yang perlu dimiliki. Karena alat ini sangat penting untuk mengetahui suhu tubuh dan berfungsi saat ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami demam.

Namun, alat pengukur suhu juga banyak digunakan pada beberapa penelitian di laboratorium. Tentunya terdapat perbedaan jenis antara termometer yang digunakan oleh para laborat dengan thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Lalu, apa sajakah jenis-jenis dari alat pengukur suhu ini?

Jenis-jenis Pengukur Suhu

  • Digital

Alat pengukur suhu ini memiliki cara penggunaan yang mudah. Anda hanya perlu memasukkan alat ke mulut atau menempelkannya ke ketiak. Kemudian tunggu hingga alat mengeluarkan bunyi sebagai tanda bahwa pengukuran suhu tubuh telah selesai dan angka hasil pengukuran akan muncul di layar digital.

  • Air raksa

Alat pengukur ini memiliki penggunaan yang sama dengan alat pengukur suhu digital. Namun, angka hasil pengukuran dilihat secara manual dan tidak ada bunyi yang menandakan bahwa pengukuran suhu tubuh telah selesai. Dalam hal ini Anda harus teliti dalam melihat hasil pengukuran pada alat pengukur suhu yang menunjukkan angka pada skala pengukuran menggunakan air raksa ini.

  • Ear thermometer

Seperti namanya, alat pengukur suhu ini digunakan untuk mengukur suhu telinga dan memiliki sistem pengukuran menggunakan sinar inframerah. Anda hanya perlu meletakkan alat ini di bagian lubang telinga dan memastikan bahwa sensor dari sinar inframerah dari alat menghadap ke arah permukaan lubang telinga.

Setelah itu Anda hanya cukup menunggu hasil pengukuran suhu telinga. Hasil pengukuran akan muncul dengan ditandai bunyi yang berasal dari alat.

  • Thermometer dot digital

Alat pengukur suhu ini memiliki bentuk seperti dot yang unik dan lucu. Tentunya pengukur suhu ini digunakan untuk bayi sehingga mudah dalam proses pengukurannya.

Anda hanya perlu meletakkan alat pengukur suhu ini seperti memberikan dot kepada bayi. Kemudian hasil pengukuran suhu tubuh akan muncul di layar digital dengan cepat dan mudah.

  • Digital inframerah

Pengukur suhu ini berperan penting saat pengukuran suhu tubuh di masa pandemi Covid-19. Hal ini karena penggunaan alat pengukur suhu ini tidak perlu ditempelkan ke bagian tubuh. Dengan adanya sinar inframerah maka Anda hanya perlu mengarahkan sensor kearah dahi hingga tertera angka dari suhu tubuh yang tampil di layar alat tersebut.

Penjelasan tersebut merupakan uraian mengenai berbagai jenis alat pengukur suhu yang bisa digunakan di rumah. Anda bisa memilih jenis alat pengukur suhu sesuai dengan kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 5 =