7 Kelebihan Dari Turun Kelas BPJS dan Caranya

Beberapa waktu lalu sempat diumumkan berkaitan dengan naiknya pembayaran BPJS yakni pada kelas 1 dan 2, sementara kelas 3 ancang-ancang juga akan naik. Nah untuk mengantisipasi itu perlu kiranya ada strategi dalam upaya menghindari jebolnya kantor lebih dalam tiap bulan. Berikut disampaikan 7 kelebihan dari turun kelas BPJS;

  • Menghemat biaya pengeluaran bulanan

Biasanya bagi mereka yang mengalami kenaikan biaya BPJS tanpa ditopang dengan kenaikan gaji akan sulit kalau harus tiap bulan menyisihkan uang itu (BPJS). Maka dengan turun kelas bisa menghemat biaya pengeluaran agar biaya bisa dialokasikan untuk lainnya, misalnya adalah untuk keperluan anak sekolah.

  • Uang bisa dipakai untuk keperluan lain

Dampak positif kalau turun kelas di BPJS adalah biaya pengeluaranpun bisa dipakai untuk kepeluan lainnya, seperti keperluan belanja dapur, liburan, dan lain sebagainya.

  • Beban hidup berkurang

Tujuan dari ikut BPJS adalah mengantisipasi biaya yang mahal karena kesehatan dengan tabungan sementara, maka jangan sampai beban hidup karena tanggungan bayaran yang tinggi membuat sakit. Dengan turun kelas berarti akan mengurangi beban hidup dan menghilangkan stres karena biaya yang mahal.

  • Menabung Lebih banyak

Dana yang awalnya dipakai untuk mengalokasikan dana BPJS akan lebih baik ketika turun kelas adalah ditabung. Tabungan tentu memiliki banyak fungsi nantinya, tidak hanya masalah kesehatan. Karena kesehatan sudah di handle oleh BPJS, maka tabungan bisa dipakai untuk kepeluan yang tidak terduga lainnya.

  • Menghindari defisit pemasukan

Dalam upaya menghindari besar pasak daripada tiang perlu kiranya kita menghitung sejauh mana pemasukan dan pengeluaran bulanan. Dengan menurunkan kelas di BPJS berarti kita berupaya menstabilkan keuangan keluarga dan menghidari defisit pemasukan.

  • Bisa dimanfaatkan untuk belanja lain

Belanja-belanja lain juga perlu diperhatikan dalam rumah tangga, kesehatan memang penting, namun kebutuhan lainnya juga sama pentingnya. Semua ini dilakukan agar kebutuhan hidup bisa dipenuhi dengan berimbang.

  • Menjaga kesehatan extra

Terakhir karena kita tahu bahwa sebenarnya BPJS adalah antisipasi biaya yang berlebih dari kesehatan, maka seharusnya kita menjaga kesehatan. Walaupun ketika sakit ada yang menanggung seperti BPJS, namun sakit bukan sesuatu yang mengenakkan, maka kita perlu menjaga kesehatan lebih agar terhindari dari sakit.

Cara turun kelas BPJS sangat lah mudah, kamu tinggal datang ke kantor BPJS dan membawa berbagai persyaratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + sixteen =