4 Fakta Tentang Bumi

Bumi merupakan salah satu planet ditata surya ini. Planet bumi berisikan daratan dan lautan..bumi juga memiliki udara yang berfungsi sebagai oksigen dan bersahabat bagi mahluk makhluk yang menjadi penghuninya. Bumi memang menjadi rumah bagi seluruh makhluk yang ada didalamnya. Kehidupan kita juga tak lepas dari peran bumi. Nah berikut ini adalah 4 fakta hebat dari bumi.

1. Bumi tidak bulat sempurna

Mungkin sebagian besar dari kita meyakini bahwa bumi itu bulat, ternyata anggapan itu salah. Pada faktanya bumi memliki benjolan disekitar ekuator karena adanya gaya gravitasi. Polar radius bumi yaitu sekitar 3.949,99 mil sedangkan radius ekuator yaitu sekitar 3.963,34 mil.

2. Satu hari bukan 24 jam

Banyak dari kita, juga yang meyakini bahwa dalam 1 hari itu 24 jam..ditambah lagi dengan adanya tulisan tamu wajib lapor 1×24 jam, anggapan ini juga salah. Sebenarnya bumi berputar pada porosnya dalam waktu 23 jam lebih 56 menit 4 detik.

3. Theia adalah kembaran bumi

Bukan manusia saja yang bisa kembar, ternyata bumi juga bisa kembar. Planet theia ini berukuran planet mars, menurut para peneliti planet theia berbenturan dengan planet bumi, kemudian sebagian potongannya meledak dan menjadi material ( menjadi bulan).

4. Gunung everest bukan titik yang tertinggi

Gunung everest adalah gunung tertinggi didunia. Ketinggiannya mencapai 8.849 meter diatas permukaan laut. Kendati yang tertinggi, faktanya gunung everest bukan lah titik yang tertinggi bumi melainkan gunung chimbarazo (ekuador) yang menjadi titik kenggian bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =