Rahasia Resep Masak Kolak Santan Pisang Yang Lezat, Sasa Santan Kelapa!

Hasil gambar untuk Kolak Santan Pisang

Kolak santan pisang adalah salah satu jenis makanan sekaligus minuman yang dapat dihidangkan sebagai makanan penutup dalam sajian makan bersama keluarga. Selain itu, saat puasa ramadhan, kolak santan pisang bisa menjadi teman berbuka puasa, karena disunnahkan berbuka puasa dengan yang manis yang notabene kolak santan pisang ini memiliki cita rasa yang manis.

Oleh karena itu, anda bisa menyajikan kolak santan pisang ini untuk menemani keluarga anda saat melakukan acara mengobrol bersama daripada hanya secangkir teh hangat saja. Pastinya anggota keluarga anda akan menyukai sajian ini. Cara pembuatan yang terbilang mudah dan bahan-bahan yang mudah di dapat menjadikan kolak santan pisang ini mudah anda masak di dapur keluarga anda.

Rahasia lezatnya kolak santan pisang terletak pada perpauan yang tepat antara pisang, santan kelapa dan gula merah yang dipilih. Jika salah satu bahan itu tidak dalam takaran yang tepat, maka bisa dipastikan rasa lezatnya akan berkurang. Yang paling krusial tentu saja santan kelapa. Mengingat bahan yang satu ini tidak mudah di dapat. Kalau anda mengandalkan santan kelapa sachet yang tidak berkualitas, rasa kolak yang anda buat tidak akan nikmat.

Beda cerita bila anda menggunakan Sasa Santan Kelapa. Bahan yang satu ini memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Jadi bisa dipastikan kolak pisang yang anda buat akan terasa nikmat sama seperti dengan santan perasan kelapa. Juga, Sasa Santan Kelapa sudah matang dan siap pakai, jadi bisa anda masukkan ke kolak anda begitu mendekati waktu siap angkat dari tempat memasak. Apalagi bahan ini tanpa pengawet sehingga ccok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman. Termasuk kolak pisang.

Untuk membuat Kolak Pisang nikmat, Anda cukup mengikuti resep masak kolak santan pisang di bawah saja. jangan lupa siapkan Sasa Santan Kelapa.

Selalu gunakan sasa santan kelapa untuk aneka makanan dan minuman bersantan.

Bahan Yang dibutuhkan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak santan pisang :

  • 5 buah pisang kepok kuning (potong sama ukuran)
  • 3 buah ubi ukuran sedang (potong dadu)
  • 3 biji nagka (sesuai selera dan potong kecil-kecil).
  • 1-2 bungkus Sasa Santan Kelapa
  • 100 gram gula pasir (1/2 gelas)
  • 150 gram gula merah (3/4 gelas)
  • 2 lembar daun pandan (potong tipis-tipis)
  • 2 liter air
  • Sedikit garam (seujung sendok teh)

Cara membuat kolak santan pisang adalah :

  1. Siapkan kesemua bahan-bahan, yang perlu dipotong dipotong terlebih dahulu.
  1. Rebus air sekitar 2 liter hingga mendidih. Tanda air mendidih adalah terdapat gelembung-gelembung pada permukaan air.
  2. Setelah air mendidih,  masukkan gula merah dan gula pasir ke dalamnya.
  3. Kemudian masukkan potongan daun pandan dan sedikit garam (seujung sendok the). Garam dimasukan untuk penyeimbang rasa, usahakan jangan sampai kebanyakan karena  nantinya kolak menjadi keasinan.
  4. Setelah anda rasa semua gula terlarut sempurna, masukkan ubi ke dalam dan tutup pancinya. Anda tunggu hingga ubinya telah masak dan empuk.
  5. Selanjutnya setelah ubi masak, masukkan pisang secara perlahan. Anda tunggu sekitar 5 menit masukkan Sasa santan Kelapa sambil anda aduk-aduk pelan-pelan agar santan tidak pecah. Masak hingga matang semua bahannya. Ingat, jangan terlalu lama dalam memasak santan. Hal ini untuk menjaga kualitas santan tetap baik. Jika anda terlalu lama memasak, anda akan kehilangan kandungan baik di dalamnya.
  6. Setelahnya siap anda hidangkan untuk seluruh anggota keluarga.

Mebuat aneka makanan dan minuman. Tentu akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika semua bahan yang digunakan serba praktis dan instan. Oleh karena itu, selalu gunakan Sasa Santan, Aslinya Santan untuk sajian keluarga ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =