Minigo Sebuah Pulau Terpadat di Dunia

Minigo adalah sebuah pulau batu kecil di danau Victoria. Letak pulau ini berada di perbatasan negara Uganda dan Kenya. Kedua negara tersebut saling mengklaim, bahwa Minigo adalah milik negaranya. Sampai sekarang pun masih terjadi perselisihan mengenai hak memancing di daerah Minigo. Pulau minigo ini mempunyai luas 49 arce atau setara dengan stadion sepak bola.

* Sejarah Penduduk Pulau Minigo *

Menurut cerita, ada dua nelayan asal Kenya yang bernama Dalmas Tembo dan George Kiebe, mengaku menjadi penduduk pertama di pulau Minigo. Mereka tinggal di pulau batu tersebut sejak tahun 1991. Pada saat itu, pulau ini ditutupi oleh rerumputan liar dan dipenuhi oleh burung serta ular. Tempat ini jadi populer karena banyaknya ikan yang berada di kawasan pulau Minigo.

* Ikan Nile Pearch *

Ikan nile pearch menjadi sumber penghasilan bagi penduduk Minigo. Berat ikan di danau Victoria ini pernah mencapai 200 kg dengan panjang tubuh sekitar 2 meter, pulai ini juga menjadi tempat berkumpul para pembeli dan penjual ikan nile pearch.

* Konflik Kenya dan Uganda *

Saking banyaknya ikan nile pearch di sekitar pulau Minigo, hal ini memicu konflik antara Kenya dan Uganda, yang berebut bahkan mereka saling bunuh. Menurut sensus pada tahun2009, pulau Minigo pada awalnya berpenduduk 131 orang, dan meningkat menjadi 1000 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *