Marhaban Ya Ramadhan, Selamat Datang Bulan Yang Istimewa

Cek Doa Niat Puasa dan Jadwal Imsak di Hari ke-20 Puasa Ramadan 1441 H

Kalimat yang menggema disetiap akan memasuki bulan suci Ramadhan adalah Marhaban Ya Ramadhan. Marhaban Ya Ramadhan merupakan kalimat untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tetapi apakah kamu tahu arti Marhaban Ya Ramadhan yang sebenarnya? 

Memang sudah menjadi kebiasaan umat islam di Indonesia, saling mengucap dan mengirim pesan “Marhaban Ya Ramadhan” di media sosial menjelang datangnya Ramadhan. Terlebih lagi teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang seakan sudah menjadikan kebiasaan mengirimkan pesan ini sebagai sebuah budaya. 

Kebanyakan umat islam memahami arti dari Marhaban Ya Ramadhan ini “Selamat datang wahai bulan Ramadhan.” Padahal arti yang sebenarnya tidaklah sesederhana itu. Kata Marhaban menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti kata seru yang diucapkan untuk menyambut atau menghormati tamu (selamat datang). 

Tetapi akan berbeda artinya jika dilihat dari bahasa aslinya. Marhaban diambil dari bahasa Arab yaitu rahb yang berarti luas atau lapang. Marhaban menggambarkan tamu yang datang akan diterima dengan lapang dada, penuh suka cita, dan juga penuh kegembiraan. Selain itu akan disiapkannya segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat tamu tersebut merasa nyaman. 

Akar kata Marhaban menurut ustadz dari kabarmekkah.com sama juga dengan rahbat yang memiliki arti “ruangan yang luas untuk kendaraan, untuk mendapatkan kebaikan dan kebutuhan pengendara sehingga dapat melanjutkan perjalanan dengan lancar.”

Sehingga jika akan direnungkan, maka kalimat “Marhaban Ya Ramadhan” ini bisa berarti selamat atas datangnya bulan Ramadhan yang disertai dengan penerimaan penuh lapang dada dan kegembiraan. Dengan kata lain kehadiran bulan Ramadhan ini tidak diisi dengan menggerutu dan tidak menghiraukannya, karena menganggap kedatangannya itu hanya menganggu ketenangan dan kenyamanan kita yang memang terbiasa makan di siang hari ataupun hal lainnya yang dilarang selama bulan Ramadhan. 

Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan kehadirannya oleh seluruh umat islam di dunia. Ramadhan merupakan tamu agung yang didalamnya terdapat banyak keberkahan dan akan dilipatgandakannya pahala. 

Marhaban Ya Ramadhan itu berarti selamat datang bulan Ramadhan dengan penyambutan yang sangat indah, bersuka cita, dan juga penuh kegembiraan. Apa yang menyebabkan umat islam menyambut bulan Ramadhan dengan ucapan “Selamat Datang”? Karena bulan Ramadhan bagi umat islam merupakan bulan yang sangat istimewa. 

Lalu keistimewaan dari bulan Ramadhan ini apa saja? Berikut dibawah ini keistimewaan bulan Ramadhan diantaranya yaitu :

  1. Di bulan Ramadhan, seluruh umat islam diwajibkan berpuasa sebulan penuh untuk melatih kesabaran dan meningkatkan keimanan. 
  2. Di bulan Ramadhan, ada satu malam istimewa yaitu malam lailatul qadar atau malam yang paling baik dari seribu bulan.
  3. Datangnya Ramadhan peringatan diturunkannya Al-Quran.
  4. Di bulan Ramadhan akan diampuninya segala dosa yang telah lalu.
  5. Di bulan Ramadhan, pahala akan dilipatkan gandakan hingga 70 kali lipat. 

Karena Ramadhan ini bulan paling istimewa, maka kita sebagai umat islam harus menyambutnya dengan hati gembira dan penuh keikhlasan. Dengan kata lain tidak terpaksa dan juga tidak menggerutu dalam menyambut dan menjalaninya. 

Meski menjalani bulan Ramadhan di tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena penyebaran virus corona, tetapi kita harus tetap bersemangat dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini. Di Al Quran pada surat Al-Baqarah ayat 183 dijabarkan jika kewajiban berpuasa itu bertujuan untuk mencapai ketaqwaan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *