Cara Daftar Dirjen Jenderal Pajak Secara Online

Blog BukuKas - Tutorial e-Filing Pajak 2020 : Cara Registrasi Online Akun Wajib Pajak

DJP onlinemerupakan salah satu aplikasi pajak online dari Direktorat Jenderal Pajak. Dengan fungsi untuk memberikan fasilitas kepada wajib pajak yang akan lapor SPT pajak atau pembayaran pajak. Dimana pembayaran pajak tersebut dapat dilakukan secara online melalui aplikasi e-filling dan e-Billing pajak.

Wilayah kerja DJP berada di bawah Kementerian Keuangan Indonesia bertugas untuk membuat standar operating prosedur dan kebijakan perpajakan. Bahkan sekarang DJP menjadi lembaga terpenting di negara Indonesia. Hal ini dikarenakan semua pembiayaan negara berasal dari APBN yang berasal dari pendapatan pajak negara.

Dalam memberikan pelayanan dan kemudahan kepada wajib pajak DJP melakukan reformasi di bidang perpajakan. Dimana proses daftar pajak, pelaporan pajak dan pembayaran pajak bisa dilakukan secara online. Menggunakan sistem pelayanan terpadu yang menyedia berbagai macam fasilitas kepada Anda para wajib pajak. Untuk mengetahui beberapa cara mendaftar DJP secara online, alangkah baiknya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Mendaftar DJP Online

Seperti yang Anda ketahui salah satu syarat agar bisa membuat E-Billing yaitu wajib terdaftar di situs DJP online terlebih dahulu. Sehingga untuk Anda yang ingin menikmati berbagai fitur DJP online harus membuat akun terlebih dahulu. Berikut beberapa cara dan syarat dokumen yang harus terpenuhi.

  • NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak

Pertama, wajib memiliki NPWP merupakan nomor identitas yang diberikan Direktorat Jenderal Pajak DJP kepada Anda wajib pajak. Sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan. Jika sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, maka masukkan seluruh angka tanpa tanda titik dan strip pada halaman pendaftaran pengguna.

  • EFIN atau Electronic Identification Number

Kedua, EFIN merupakan nomor identitas digital yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi perpajakan secara online, fungsinya sama seperti tanda tangan digital. Untuk mendapatkan EFIN Anda bisa mendaftarnya di Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang harus dilakukan langsung oleh wajib pajak bersangkutan. Apabila berbagai syarat tersebut sudah Anda penuhi, langkah selanjutnya adalah registrasi DJP online pajak.

Untuk mendaftar akun baru, Anda bisa langsung masuk ke halaman resmi DJP online. Dengan cara memasukkan nomor NPWP dan kode EFIN yang sudah Anda miliki. Kemudian isi kode keamanan yang telah disediakan, lalu klik tombol verifikasi. Setelah itu cek email Anda, lalu klik aktivasi akun DJP online pajak yang dikirimkan ke email Anda. Untuk log in ke situs DJP online langsung saja ke halaman DJP online.

Itu tadi merupakan cara mendaftar DJP online yang harus Anda ikuti agar dapat mengakses berbagai fitur e-filing. Walaupun memang ada tahapan yang belum bisa dilakukan secara online, dimana untuk mendapatkan EFIN Anda harus datang ke KPP terdekat. Selain itu Anda bisa mendaftar DJP online melalui aplikasi BukuKas yang bisa di download di Google PlayStore dan dapat digunakan secara gratis. Bahkan aplikasi keuangan ini dapat membantu dan mempermudah pencatatan transaksi keuangan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *