Cara Aman Mengemudi Mobil Selama Pandemi Berlangsung

Semenjak wabah pandemi menerpa seluruh negara di dunia, pembatasan sosial diterapkan. Dimana pembatasan kegiatan dan bersosialisasi dilakukan untuk mengurangi potensi penularan virus ke tubuh ataupun orang tersayang disekitar. Bahkan, perkantoran saja mulai menerapkan sistem WFH atau Work From Home untuk meredakan penularan virus ini sendiri dikalangan masyarakat. Namun, setahun semenjak wabah penularan besar dan massal, masyarakat mulai perlahan kembali ke posisi semula.

Nah, bagi kamu yang kangen banget untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar setelah lama dirumah saja, menggunakan mobil ada baiknya paham aturan berkendara selama pandemic. Dalam menekan jumlah penyebaran virus, saat kamu mengendarai kendaraan pribadi kamu pun harus menerapkan protokol kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa aturan berkendara menggunakan kendaraan pribadi menggunakan protocol kesehatan yang perlu dilakukan :

1.    Checking mesin dan fitur mobil

Selama pembatasan interaksi dilakukan, tentunya mobil sudah jarang digunakan mengaspal. Ada baiknya kamu checking performa mesin mobil, sistem pengereman, fitur AC, ban hingga sistem kemudi untuk berkendara dengan aman dan nyaman. Kamu bisa menggunakan layanan car sharing bila kendaraan kamu mengalami masalah dan membutuhkan service. Dengan menggunakan car sharing, kamu bisa tetap bepergian dengan nyaman.

2.    Menggunakan hand sanitizer sebelum dan setelah mengemudi

Saat mengemudi menggunakan kendaraan pribadi atau car sharing, ada baiknya memastikan safety kit selalu ada dalam mobil. Adapun safety kit ini berisikan tisu basah, tisu kering, hand sanitizer, stock masker dan disinfectant yang menemani kamu berkendara. Beragam kit ini dibutuhkan untuk kenyamanan berkendara.

3.    Meminimalisir transaksi menggunakan cash

Alat pembayaran berupa uang, banyak mengandung kuman. Hal ini dikarenakan uang sendiri berpindah tangan dari satu tangan ke tangan lainnya. Kuman akan menumpuk pada alat transaksi itu dan meningkatkan resiko tertular virus. Ada baiknya menyediakan pembayaran e-money dalam kantong. Terlebih menggunakan car sharing sistem transaksi berjalan secara online untuk sewa kendaraan.

4.    Menggunakan masker selama berkendara

Penggunaan masker selama berkendara penting meskipun dalam kendaraan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir masuknya virus dalam mobil selama berkendara dengan car sharing. Ada baiknya juga segera mandi setelah pulang dari bepergian menggunakan kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × three =