Berita Ekonomi dan Bisnis, Hal yang Harus Dilakukan Saat Mendapat Uang Palsu

Mungkin Anda sering melihat berita ekonomi dan bisnis yang sering membahasuang palsu. Peran uang begitu vital untuk kehidupan. Bisa dikatakan hampir semua hal yang berada di dunia dapat dibeli dengan uang. Tidak mengherankan jika setiap orang rela bekerja keras untuk memperolehnya. Sayangnya, keinginan untuk mempunyai uang kadang membuat banyak orang menjadi gelap mata, dimana mereka menggunakan berbagai macam cara untuk memperoleh benda ini seperti membuat uang palsu. Dengan biasanya, uang ini digunakan belanja di warung kecil yang kurang memperhatikan keaslian uang ketika transaksi.

Uang palsu merupakan uang yang dicetak oleh seseorang maupun kelompok yang tidak diberi wewenang bank sentral. Uang tersebut sengaja dicetak dengan begitu mirip dengan asli sehingga bisa digunakan serta diterima oleh masyarakat untuk transaksi. sementara uang yang asli dan sah jika dicetak, peredarannya diatur oleh Bank Indonesia. walaupun ada negara yang bank sentralnya belum bisa mencetak uang sendiri, bank sentral tersebut sering meminta pihak lain untuk membantu pencetakan uang, tetapi peredarannya tetap diatur. Secanggih apapun alat yang dipergunakan untuk membuat uang palsu, tetap saja tidak akan bisa sama persis. Lebih-lebih uang asli menggunakan metode tertentu sehingga bisa menjaga keasliannya.

Bank Indonesia masih mau menerima uang rusak, namun bukan uang yang palsu. Anda masih bisa menukarnya di bank serta memperoleh ganti uang baru dengan nominal yang sama. Tetapi, bagaimana jika memperoleh uang palsu, lebih baik Anda serahkan ke BI atau melaporkannya ke polisi, nantinya uang tersebut akan dijadikan sebagai bukti peredaran uang palsu sehingga dapat segera dihentikan. Lantas, mengapa BI tidak mau menerima penukaran uang palsu dan menggantinya dengan uang asli, karena sudah pasti akan ada banyak orang yang menukarnya dan membuat uang palsu.

Jangan pernah menggunakan uang palsu untuk kepentingan pribadi, karena terdapat sanksi pidana jika Anda melakukannya. Agar tidak mengalami kerugian, Anda harus teliti sebelum menerima uang. Bila Anda ingin mencaritahu kondisi ekonomi Indonesia terkini dan juga yang lainnya, Anda bisamencarinya di Infobank.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − nine =