5 Cara Mempersiapkan Laptop Lenovo Baru

Anda mungkin sedang berencana membeli sebuah laptop Lenovo baru, dan Anda ingin melakukannya karena laptop lama sudah terlalu uzur. Setelah membandingkan harga laptop Lenovo di pasaran, Anda memutuskan untuk membelinya. Laptop tersebut akhirnya ada di tangan, dan kardus pembungkusnya masih melindungi perangkat tersebut dengan cantik. Di titik ini, Anda siap memakai laptop tersebut untuk pertama kalinya. Tentu apa yang harus dilakukan kemudian hanyalah menekan tombol on/off, dan mengulik sejumlah settingan dasar kemudian. Dan laptop selanjutnya siap digunakan.  

Akan tetapi perkaranya tidak semudah itu. Notebook atau laptop Lenovo yang baru saja dibeli tidak akan pernah benar-benar siap sampai sejumlah tweaking kecil dilakukan setelahnya. Nah, setelah kembali dari tempat jual laptop Lenovo dan siap menggunakan perangkat baru tersebut, yang perlu dilakukan hanyalah mempersiapkan perangkat supaya lebih digunakan.

Ini dia 5 tips mempersiapkan laptop Lenovo baru berbasis supaya lebih mudah digunakan:

  • Persiapkan shortcut pada laptop

Shortcut membantu mengakses aplikasi favorit dengan cepat. Siapkanlah sejumlah shortcut dengan cara sebagai berikut:

– Tekan Windows + R supaya kotak dialog terbuka.

– Di dalam kotak dialog, ketik “explorer shell:AppsFolder”, kemudian tekan OK.

  • Selanjutnya pengguna akan menemukan daftar aplikasi yang tersedia, pilihlah salah satunya bila ingin membuat shortcut. Satu lagi kotak dialog akan terbuka, dan kemudian akan memunculkan sejumlah ikon di layar. Lakukan klik kanan pada shortcut baru dan kemudian pilihlah properties. Tekan CTRL + ALT + karakter pilihan pada kotak dialog “shortcut key”. Karakter yang dipilih bisa berupa angka, huruf, maupun simbol. Klik OK untuk menyelesaikan prosesnya.
  • Matikan fungsi Cortan bila tidak dibutuhkan

Cortana berfungsi sebagai asisten virtual bagi laptop Lenovo yang berbasis sistem operasi termutakhir. Namun bila tidak memerlukannya, matikan fitur tersebut dengan melakukan klik pada ikon Notebook dan masuklah bagian Settings. Di sana pengguna akan menemukan slide bertuliskan “Cortana can give you suggestions”. Geser slide tersebut ke posisi “Off”.

  • Munculkan file extensions dan file yang tersembunyi

Arahkan kursor tetikus pada File Explorer (folder berwarna kuning) yang berada pada taskbar. Kemudian di atas tab pengguna akan menemukan menu “View”. Hilangkan centang pada “file name extensions” dan “hidden items”, kemudian klik bagian “view” sekali lagi.

  • Aturlah display scaling

Untuk mengaturnya, klik kanan di area layer kemudian pilih Display Settings. Pengguna akan menemukan slider  di menu “change the size of text, apps, …”. Geser slider kea rah kiri atau kanan. Gerakan ke kiri akan menurunkan presentas skala, dan pengguna akan menemukan objek yang lebih kecil di layar; dan sebaliknya. Restart laptop setelah selesai mengaturnya.

  • Jalankan sistem operasi paling terbaru

Pastikan bahwa laptop Lenovo baru menjalankan sistem operasi termutakhir. Dengan demikian, sistem keamanan OS yang digunakan menjadi lebih terjamin.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + nineteen =