Tips Tepat Dalam Memilih Model Baju Batik Terbaru

5 Tempat Rekomendasi Terbaik Beli Batik di Yogya, Gak Bakal Nyesel!


Baju batik memang kental dengan nuansa Jawanya. Ya, terang saja demikian, sebab baju batik ini merupakan baju tradisional khas Pulau Jawa. Pada setiap daerahnya itu memiliki motif dan corak yang berbeda-beda, dan tergantung dari kultur di daerahnya masing-masing. Misalkan saja batik khas Pekalongan, batik Solo, batik Jogja, batik Garut, hingga batik Ciamis, yang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Meskipun memiliki ciri khas yang berbeda-beda, namun secara keseluruhannya mengusung motif dengan unsur kekayaan alam di bumi Indonesia. Pada mulanya, baju batik itu selalu terkesan kuno dan selalu diidentikan dengan pakaiannya orangtua. Seiring dengan berjalannya waktu, kini telah hadir model baju batik terbaru dengan nuansa yang lebih modis dan stylish. Alhasil, inovasi tersebut pun sukses menarik minat kalangan muda-mudi pada fashion baju batik. Nah, bagi kalian yang hendak membeli baju batik terbaru, berikut di bawah ini ada beberapa tips cerdasnya :

1. Pilihlah Baju Batik Yang Sesuai Dengan Seleramu

Apabila kamu menginginkan model baju batik yang bergaya kasual atau simple, maka pilihlah yang coraknya akar-akaran atau hewan. Agar terkesan lebih elegan, pilih juga baju batik yang warnanya cenderung gelap atau monokrom. Dengan begitu, baju batik tersebut sangat ideal digunakan untuk acara-acara formal seperti pesta, peresmian, pelantikan, dan lain sebagainya.

2. Sesuaikan Dengan Bentuk Tubuhmu

Apakah kamu termasuk orang yang berbadan gemuk? Jika iya, maka pilihlah baju batik yang ukurannya sedang. Tak hanya itu, usahakan juga untuk tidak memilih baju batik yang motifnya berukuran besar dan kecil. Pasalnya, hal tersebut dapat mempengaruhi pada penampilanmu lho! Namun, beruntunglah bagi kalian yang memiliki badan langsing. Sebab, kalian tidak akan terlalu kesulitan dalam mencari ukuran baju batiknya. Kendati demikian, kamu yang berbadan langsing tidak disarankan untuk memilih baju batik yang berukuran besar.

3. Sesuaikan Dengan Fashion

Tips tepat berikutnya yang harus kalian ketahui dalam memilih baju batik terbaru, yakni menyesuaikan dengan fashion. Seandainya kamu ingin tampil dengan gaya simple, maka pilihlah motif atau corak yang tidak terlalu ramai. Selain itu, pilih juga baju batik yang bahannya dapat menyerap keringat agar tidak mudah kepanasan saat dipakai. Untuk baju batik ke kantoran, maka pilihlah warna batik dengan kombinasi gelap atau pastel agar terkesan elegan.

4. Pilihlah Ukuran Batik Dengan Motif Geometris

Jika kamu sudah merasa bosan dengan motif batik yang itu-itu saja, maka kombinasikan motif geometris dengan ukuran besar dan ukuran kecil. Pasalnya, hal itu juga dapat menunjang pada bentuk tubuhmu. Bagi kamu yang berbadan langsing, maka ada baiknya memilih ukuran batik dengan motif geometris sedang. Dengan begitu, maka bentuk tubuhmu akan tampak lebih proposional.

5. Pilihlah Baju Batik Yang Sesuai Dengan Aktivitas

Untuk baju batik di lingkungan kerja, sebaiknya kamu memilih batik dengan model simple agar terkesan elegan dan cool. Agar terlihat lebih professional, kamu juga bisa menambahkan ikat pinggang yang berwarna gelap seperti hitam. Sedangkan baju batik untuk acara formal, ada baiknya jika kamu menggunakan model lain yang sesuai dengan karakteristik tubuh. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan beragam perpaduan motif dan warna batik sesuai selera.

Itulah beberapa tips tepat dalam memilih baju batik terbaru, yang mungkin saja bisa menginspirasimu saat hendak membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 16 =