Resep Tumis Kacang Panjang Udang

Resep Tumis Kacang Panjang Petai yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh


Kacang panjang adalah sejenis sayuran hijau yang tersedia sepanjang tahun. Panjang dari kacang hijau bisa 12 – 30 inci. Umumnya kacang panjang ini berbentuk ramping berwarna hijau pucat sampai hijau tua, tergantung pada varietasnya. Kacang panjang bisa kita dapatkan di semua pasar tradisional ataupun mall. kacang panjang dalam kondisi paling baik saat kacang panjang masih muda dan masih ramping. Saat membeli kita harus memeriksa kesegaran dengan mencoba memecah salah satu biji pada kacang panjang menjadi dua bagian. Semakin renyah kacangnya maka semakin tinggi kesegarannya. Hindari membelii kacang panjang yang layu atau sudah kering atau yang sudah memiliki bitnik-bintik coklat atau lubang yang menunjukan infestasi serangga tanaman yang rentan terhadap kutu daun, kutu kacang. Lalat kacang adalah hama utama yang menyebabkan bitnik-bintik kuning kecil pada daun, jadi sebelum membeli kita harus memeriksanya terlebih dahulu.

Kacang panjang akan tetap segar setidaknya selama 3 hari pada suhu kamar. Tetapi karena hilangnya kelembaban, kacang panjang akan menjadi layu. Oleh karena itu simpan dibawah suhu pendingin dengan kelembaban relative 80 -90%. Kesegaran kacang panjang akan bertahan sekitar 5 – 6 hari.kacang panjang juga dianggap sebagai makanan berenergi. Karena kacang panjang adalah sayuran yang kendah kalori karenanya dapat dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet, kemudian kacang panjang juga kaya akan vitamin A dan vitamin C. kacang panjang juga merupakan sayuran hijau yang kaya akan bahan kimia nabati dan anti oksidan, sehingga memainkan peran penting untuk melawan dan mencegah kanker serta penuaan. Kaacang panjang menawarkan perlindungan kardiovaskular dan membantu menurunkan tekanan darah. Kadang panjang juga memiliki efek anti inflamasi dan menghidupkan kembali inflammation pada arthritis dan asma.

Kacang panjang adalah sayuran yang bisa di olah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya adalah ditumis. Pada artikel kali ini kami akan memberikan resep tumis kacang panjang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Tumis kacang panjang Ebi / Tumis Kacang Panjang & Udang Kering:

  • Siapkan 350 gram kacang panjang, potong bagian tepinya
  • Siapkan 250 gram udang, pisahkan kulit dan kepalanya untuk kaldu
  • Siapkan 3 siung bawang putih, memarkan lalu cincang halus
  • Siapkan lengkuas 2 cm, memarkan
  • Ambil 2 lembar daun salam
  • Siapkan 2 buah cabai merah, iris tipis
  • Ambil 1 sdm ebi atau udang kecil kering, cincang halus
  • Siapkan 1 batang daun bawang, cincang halus
  • Siapkan 3 sdm saus tiram
  • Ambil air untuk kaldu
  • Dapatkan 2 sdm mentega / 3 sdm minyak atau minyak wijen untuk menggoreng
  • Siapkan garam untuk udang

Langkah-langkah membuat Tumis Buncis Ebi / Tumis Kacang Hijau & Udang Kering:

  1. Pisahkan kulit dan kepala dari udang. Potong udang menjadi kecil-kecil. Atau jika tidak ada udang kalian bisa menggunakan menggunakan dada ayam, potong menjadi kubus mini.
  2. Masukkan kulit dan kepala udang ke dalam wajan. Tambahkan air. Kemudian rebus untuk membuat kaldu. Sisihkan.
  3. Panaskan mentega dalam wajan. Goreng udang hingga 3/4 matang. Sisihkan. Jangan lupa tambahkan garam.
  4. Di panci yang sama. Tambahkan bawang putih, daun bawang, dan cabai. Kemudian tumis hingga harum.
  5. Tambahkan ebi. Campur lagi. Lalu tambahkan kacang panjang menjadi 4-5 bagian.
  6. Kemudian aduk rata. Tambahkan sedikit kaldu udang. Biarkan sedikit mendidih dan aduk terus. Biarkan kacang panjang meresap bumbu. Tambahkan saus tiram, aduk kembali.
  7. Setelah itu. Tambahkan udang. Aduk rata sampai matang.
  8. Matikan api. sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 10 =