Rekomendasi Menu Makan Siang Untuk Balita Usia 1-3 Tahun

5 Rekomendasi Kursi Makan Bayi untuk Fase MPASI, biar si Kecil Nyaman


Balita yang mempunyai usia 1 tahun ke atas, mempunyai masa yang akan mengkonsumsi makanan penamping ASI (MPASI). Pada usia ini, balita usia 1 tahun ke atas mempunyai variasi menu yang sudah bertambah yang sudah bisa makan makanan keluarga. Meski sudah bisa memudahkan ibu dalam memasak, tentunya menu yang harus diberikan harus mempunyai menu yang bervariasi dan tidak mudah bosan untuk dikonsumsi. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini ada daftar menu makan siang sehat yang bisa ibu coba sebagi berikut :

1. Balita Usia 1 tahun

Balita yang berusia 1 tahun tentunya sudah pintar dan mahir dalam mengunyah berbagai macam makanan padat, balita 1 tahun mempunyai gigi yang sudah tumbuh dan biasanya sudah lebih banya sehingga dapat memudahkannya saat mengunyah. Selain itu juga, balita 1 tahun membutuhkan sekitar 1125 kalori perharinya. Selain memberikan makanan utama, anda bisa memberikan makanan yang dilengkapi dengan menyajikan makanan selingan atau camilan agar kebutuhan kolirinya terpernuhi. Berikut menu makan bagi balita 1 tahun yang bisa untuk di coba :

* Semur hati ayam, semur hati ayam merupakan salah satu makanan yang tinggi dengan zat besinya yang bisa menambah nutrisi pada balita usia 1 tahun. Pada semur hati ayam mempunyai banyak vitamin, salah satunya adalah pada 100 gram hati ayam mempunyai 15,8 gram zat besi dan 261 kalori.

* Kentang goreng, kentang goreng bisa dijadikan sebagai camilan setelah menyantap menu utama. Di dalam 100 gram kentang mengandung 347 kalori, sehingga bisa menambah asupan energy harian si kecil.

2. Menu Makan Balita Usia 2 Tahun

Menu makan selanjutnya adalah menu balita untuk usia 2 tahun, pada usia 2 tahun ini balita akan memulai untuk mencoba berbagai jenis makanan yang sring tidak sehat salah satunya adalah camilan. Di masa ini merupakan hal yang wajar karena balita usia 2 tahun memang sudah bisa untuk mencicipi menu lain, tidak seperti saat masih bayi. Nah untuk lebih lanjutnya, berikut ini ada beberapa contoh menu makanan balita usia 2 tahun :

* Sup ayam, menu makan yang pertama adalah sup ayam. Sup ayam bisa dijadikan sebagai menu untuk sarapan, makan siang, atau juga menu ketika balita sedang sakit. Dengan membuat menu makanan berkuah seperti sup ayam ini, tentunya akan membuat tenggorokan balita lebih segar dan mudah untuk di telan.

* Nasi goreng seafood, untuk menu makan selanjutnya ada nasi goreng seafood. Tentunya makanan ini tak hanya digemari oleh orang dewasa saja, menu ini juga sangat di gemari oleh balita. Nasi goreng seafood kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang balita anda.

3. Menu makanan Balita Usia 3 tahun

Masa-masa dalam memilih makanan tidak berhenti di usia 2 tahun saja, tetapi masih berlanjut pada tahun berikutnya termasuk usia 2 tahun. Dengan andanya hal ini, bagi seorang ibu tentunya akan membuat anda harus mencari resep menu baru agar balita tetap bisa untuk menyantap makanannya dengan lahap. Pada balita usia 3 tahun, membutuhkan kalori sekitar 1125 kkal per harinya. Untuk itu, berikut ada contoh menu makan untuk balita usia 3 tahun yang bisa anda coba :

* Makaroni skotel, untuk macaroni kotel bisa dijadikan sebagai menu makanan selingan di sore hari sambil menunggu makan malam. Untuk bahan-bahan yang di perlukan juga sangat mudah seperti macaroni, wortel, telur, daging ayam cincang, bawang putih, susu UHT, margarin, keju lumer, dan garam.

* Mac and cheese, menu selanjutnya ada mac and cheese. Menu ini sangan cocok untuk balita yang ingin menaikkan berat badan, menu ini juga terbuat dari bahan yang sehat dan tinggi akan lemak. Bahan-bahan untuk membuat mac and chese ada macaroni, margarin, bawang bombay, susu UHT, keju lumer, dan daging cincang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =