Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Vaksin Sinovac

Ketahui Efek Samping Vaksin Corona Pfizer dan Moderna


Di tengah pandemi yang masih meluas, persaingan dari berbagai peneliti ilmiah di sejumlah negara untuk menemukan vaksin menjadi semakin ketat. Bahkan di Inggris telah mulai dilakukan pemberian vaksin Pfizer-BioNtech meski masih dalam kalangan terbatas. Semantara itu untuk vaksin Sinovac buatan dari perusahaan teknologi asal CHina masih ‘dipertanyakan’ kualitas dan efektifitas yang dimilikinya.

Kondisi dunia yang belum juga membaik di tengah ancaman virus corona, membuat banyak pihak berupaya mengembangkan vaksin-vaksin yang diharapkan bisa efektif dalam menangkal virus corona. Hingga saat ini, ada cukup banyak kandidat vaksin yang tengah dikembangkan oleh berbagai perusahaan di sejumlah Negara.

Kelebihan Vaksin Sinovac

Update Vaksin Corona: Ini yang Harus Diketahui tentang Pfizer dan BionTech

Dari sekian banyak kandidat vaksin yang dikembangkan, salah satunya adalah vaksin Sinovac yang diproduksi oleh perusahaan asal China. Meskipun masih dalam tahap pengujian klinis, namun tidak sedikit yang memiliki pandangan bahwa vaksin ini termasuk kandidat yang perlu dipertimbangkan.

Vaksin dari China ini dianggap memiliki kelebihan apabila dibandingkan dengan pembuatan vaksin dari Barat. Pasalnya, vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan Sinovac ini didasarkan pada bentuk virus yang sudah tidak aktif. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian dan uji klinis secara lebih lanjut mengenai efektivitas dan juga kinerja dari vaksin yang bersangkutan.

Selain dibuat dengan berdasarkan pada bentuk virus yang sudah tidak aktif, vaksin dari Cina ini juga relatif cukup mudah karena bisa disimpan pada suhu yang relatif tidak rendah yakni berada pada kisaran 2 hingga 8 derajat Celcius. Hal ini akan membuat vaksin ini menjadi semakin mudah untuk diakses terutama dari kalangan Negara-negara dengan penghasilan rendah hingga menengah.

Meski digadang-gadang sebagai salah satu alternatif kandidat untuk mengatasi masalah virus Corona, namun dengan proses uji klinis yang masih berlangsung dan data yang belum dirilis, membuat kinerja dan juga efektivitas dari vaksin asal China ini kian dipertanyakan.

Vaksin Sinovac sendiri tengah menjalani uji coba fase III di sejumlah Negara seperti Brasil dan ataupun Indonesia dengan hasil data penelitian yang belum keluar. Diperkirakan bahwa hasil uji coba tahap III ini akan mulai bisa didapatkan mulai tahun 2021 mendatang.

Kelemahan dari Vaksin Sinovac

Selain beberapa hal yang dianggap sebagai ‘kelebihan’ dari vaksin asal China ini, ia juga tidak luput dari adanya kelemahan dan kekurangan. Bahkan, tidak sedikit pihak yang ragu dan bahkan juga mempertanyakan efektivitas serta efek samping dari vaksin yang diproduksi oleh Cina ini.

Sinovac selaku perusahaan yang memproduksi vaksin ini diketahui pernah terlibat dalam skandal suap terkait dengan persetujuan aplikasi obat. Bahkan saham perusahaan ini juga telah ditangguhkan dalam kurun waktu yang relatif cukup lama sebagai bagian dari pertarungan tata kelola perusahaan yang berlarut-larut, demikian seperti diberitakan oleh sejumlah sumber.

Tata kelola perusahaan yang ‘kurang baik’ inilah yang menjadi salah satu faktor kurangnya rasa percaya pada penggunaan vaksin Sinovac. Selain itu, efektivitas kinerja dari vaksin buatan Cina ini pun juga masih dipertanyakan.

Dengan masih adanya pandemi yang melanda di berbagai belahan dunia, menjaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kalau kamu ingin mengetahui secara lebih lanjut terkait virus Corona dan ataupun juga berbagai informasi terkait dengan penyakit lainnya, Halodoc adalah solusi tepat yang bisa menjadi pilihan.

Selain bisa mendapatkan informasi menarik seputar kesehatan, kamu juga bisa langsung bertanya dan konsultasi dengan dokter profesional lewat aplikasi Halodoc. Kini, kamu bisa mendapatkan akses seputar informasi kesehatan dengan cara yang relatif mudah tanpa harus keluar rumah.

Itulah ulasan mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh vaksin Sinovac buatan dari China. Mengingat bahwa upaya untuk mengembangkan vaksin yang tepat dan efektif membutuhkan jangka waktu yang relatif lama, protokol kesehatan menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan sejak kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + sixteen =