Berikut Ini Tips Berbelanja Secara Online Yang Aman

Product Image


Dengan semakin berkembangnya teknologi internet di Indonesia saat ini memunculkan banyak sekali situs belanja online atau e-commerce. Dimana, toko-toko online ini menjual aneka macam barang dan jasa layaknya sebuah mal, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Situs belanja online ini secara gencar menawarkan promosi, dengan harga miring, cashback, hingga promo gratis ongkos kirim. Sehingga tidak aneh kalau para konsumen semakin tertarik untuk berbelanja secara online. Bahkan belanja online sudah menjadi gaya hidup baru, terutama bagi orang-orang di perkotaan.

Selain itu, belanja secara online ini juga memiliki kelebiahnnya dibandingkan secara konvensional, salah satunya adalah lebih efesien. Belanja secara online di e-commerce tentu saja berbeda dengan belanja di toko konvensional. Karena dengan belanja di e-commerce anda dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja anda berada. Selain itu, anda tidak usah lagi harus menunggu toko langganan anda membuka toko pada esok hari untuk mendapatkan barang yang anda butuhkan. Karena anda hanya perlu mengunjungi situs toko online tersebut dan berbelanja untuk mendapatkan semua barang yang anda butuhkan.

Namun sayang, sekarang ini sering mendengar berita bahwa ada beberapa toko online nakal/oknum yang memanfaatkan hal ini untuk mengeruk keuntungan yang besar dengan menjua produk-produk palsu yang tentunya kualitasnya juga tidak baik. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan tips belanja baju gamis wanita online yang aman sebagai berikut ini :

1. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Anda jangan langsung tergoda pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu biasanya kerjaan spammer. Tapi anda harus hati-hati, karena spammer juga merayu. Dimana, spammer ini akan mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Maka dari itu, sebaiknya anda kunjungi situs toko online resmi dari perusahaan tersebut. Jangan masuk ke situs tersebut lewat e-mail atau jendela pop-up.

2. Kelengkapan Informasi

Dalam hal ini, cari informasi penjual atau pemilik toko di halaman toko online tersebut, apakah situs tersebut milik perusahaan atau milik perseorangan, lihat secara detail apakah terdapat kontak yang bisa dihubungi baik itu nomor telepon yang tertera, Pin BBM, Messenger atau live chat. Selain itu, cari juga informasi nomor rekening, alamat toko real atau kantor dari toko online tersebut. Jika tidak terdapat informasi ini makan jangan lakukan pembelian di toko online tersebut.

3. Manfaatkan Keamanan PC Anda

Cara berikutnya lakukan update software antivirus dan antispyware secara rutin. Karena sekarang ini banyak program jahat secara eksplisit yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan di sistem operasi dan browser web. Selain itu, anda juga harus tetap menjaga browser dan sistem operasi yang anda gunakan selalu up-to-date.  Dan jangan pernah menggunakan software layanan VPN gratisan untuk mengakses akun penting yang berhubungan dengan keuangan anda, karena ini bisa berakibat fatal pada kehilangan informasi atau bahkan uang anda.

4. Percayakan Uang Anda Pada Situs Yang Terpercaya

Sekarang ini banyak sekali situs-situs toko online yang menjual berbagai macam produk, mulai dari produk pakaian, makanan, elektronik, keperluan rumah tangga, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, ada juga yang membuka lapak di Instagram atau Facebook. Nah, sebelum anda memutuskan untuk membeli barang, maka pastikan bahwa situs atau penjual yang berhubungan dengan itu memang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *