Bedanya Kredit HP di Aplikasi Kredivo vs Awan Tunai


https://lh4.googleusercontent.com/q7MSF1UjI0l3mHeaSSwykMw9zHuH9O2ojtF00a6HtUCFOLMqYhin9kBsLtyNVV7j1NrGphw5s_tBbvww7L5XjNxwOstsatdnssp_QEpAV3u_DUzrn1yAlmEa1IYA4bGbt19XTsNf

Salah satu cara terjitu saat ini untuk bisa kredit HP tanpa uang muka adalah dengan menggunakan aplikasi fintech khusus untuk kredit dan cicilan barang. Dibanding aplikasi pinjaman online yang jumlahnya ratusan, aplikasi fintech yang menyediakan layanan kredit HP tanpa uang muka jumlahnya bisa dihitung jari. Mungkin yang ada saat ini dan sudah terdaftar di OJK, jumlahnya nggak sampai 20 aplikasi dari perusahaan fintech yang berbeda-beda. 

Dua di antaranya ada Kredivo dan Awan Tunai. Kedua fintech yang sama-sama menawarkan layanan kredit online tanpa kartu kredit di berbagai merchant rekanannya. Sebelum kredit, kita pastinya pilih-pilih dan banding-bandingin antara akses kredit yang satu dan yang lain dong? Supaya nggak rugi sekaligus bisa dapat harga dan bunga kredit paling oke. 

Nah, buat membantu kalian yang lagi cari cara supaya bisa kredit HP tanpa uang muka, saya mau kasih review antara Kredivo dan Awan Tunai. Apa bedanya? Dan, mana yang paling oke untuk digunakan? Langsung aja yuk kita bahas satu per satu. 

Bedanya Layanan Kredit Online Kredivo dan Awan Tunai

Di Kredivo, layanan kredit online terbagi menjadi dua jenis: opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga untuk transaksi di bawah Rp 1 juta dan cicilan 3/6/12 bulan tanpa uang muka dengan suku bunga 2,6% per bulan. Untuk cicilan dengan tenor, pengguna Kredivo wajib melakukan pembelanjaan minimum Rp 1 juta ke atas, baru bisa cicilan. 

Sementara di Awan Tunai, layanan kredit onlinenya terbagi berdasarkan jumlah limit yaitu Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta yang bisa digunakan untuk belanja berbagai kebutuhan seperti di toko susu, apotek, atau toko bangunan, hingga untuk kredit HP baru di merchant-merchant rekanan Awan Tunai. 

Kalau Kredivo menyasar segmen masyarakat/individual secara luas, lain halnya dengan Awan Tunai yang spesifik menyasar target UMKM. Sebab selain kredit online, layanan lain yang dimiliki Awan Tunai adalah pembiayaan belanja bagi UMKM agar dapat mengembangkan bisnisnya. 

Bedanya Suku Bunga Kredit Online Kredivo dan Awan Tunai

Untuk kredit barang, salah satunya kredit HP tanpa uang muka, suku bunga yang dikenakan Kredivo hanya 2,6% per bulan. Sebelum kredit, kita juga bisa melakukan dan mengecek simulasinya pada fitur kalkulator cicilan yang ada di aplikasi Kredivo lho. Syaratnya: harus terdaftar dan punya akun dulu. 

Contohnya, kalau kamu mau kredit HP Xiaomi keluaran terbaru: Redmi Note 9 Pro yang dibanderol dengan harga Rp3.299.000 simulasi cicilannya dengan Kredivo menjadi: 

  1. Tenor 3 bulan: angsurannya Rp1.185.450 per bulan. 
  2. Tenor 6 bulan: angsurannya Rp635.610 per bulan. 
  3. Tenor 12 bulan: angsurannya Rp360.690 per bulan. 

Jumlah angsuran pada opsi masing-masing tenor sudah termasuk dengan suku bunga 2,6% dari harga barang. 

Sementara di Awan Tunai, kredit online barang seperti HP memiliki kisaran suku bunga 2% sampai 7%. Sayangnya di situs Awan Tunai sendiri, saya tidak lagi menemukan info detail tentang produk kredit online ini dan suku bunganya. Ada kemungkinan produk yang satu ini sudah tidak lagi menjadi fokus utama dari fintech Awan Tunai. 

Bedanya Merchant Rekanan Kredivo dan Awan Tunai

Lebih dari 350 e-commerce dan merchant offline yang ada di Indonesia saat ini sudah digandeng Kredivo sebagai mitra. Ada Tokopedia, Bukalapak, JD.id, Blibli, Bhinneka, IKEA online, dan masih banyak lagi merchant dan e-commerce lainnya. Dengan menjadi pengguna Premium Kredivo, kamu bisa kredit barang ataupun kredit HP tanpa uang muka di merchant-merchant tersebut. Tinggal pilih barang, pastikan harganya minimum Rp 1 juta, lalu di bagian metode pembayaran pilih cicilan tanpa kartu kredit dengan Kredivo. 

Sementara itu, Awan Tunai kebanyakan memiliki merchant rekanan yang berbasis offline seperti toko susu atau bengkel yang berlokasi di wilayah Jakarta, Depok, dan Bekasi. 

Bedanya Syarat Pengajuan Kredit Kredivo dan Awan Tunai

Secara umum, ada tiga persyaratan untuk daftar Kredivo: 

  1. WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Sementara Awan Tunai, kurang lebih memiliki 5 persyaratan pendaftaran atau kredit, yaitu: 

  1. WNI berusia minimal 22 tahun dan maksimal 55 tahun. 
  2. Memiliki pekerjaan tetap. 
  3. Memiliki smartphone dengan nomor yang aktif. 
  4. Memiliki E-KTP ataupun KTP dan KK/SIM yang sah. 
  5. Berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

Untuk daftar Kredivo, kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Untuk aplikasi Awan Tunai, saat ini baru tersedia di Google Play Store saja. 

Sekian ulasan dari saya untuk Kredivo dan Awan Tunai. Semoga bisa membantu kalian semua yang lagi cari referensi aplikasi fintech buat kredit hp ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *