Atasi Demam Berdarah, Berikut 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Trombosit


Ingin Turunkan Kadar Kolesterol Jahat? Konsumsi 5 Buah-buahan Ini!

Sumber : suara.com

Saat seseorang mengalami demam berdarah, trombosit di dalam tubuhnya ikut menurun. Berbagai gejala yang ditunjukkan seperti tubuh yang kelelahan. Kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa trombosit yang ada di dalam tubuh sedang rendah. 

Nah, sebelum ke pembahasan lebih lanjut, kalian udah tahu belum gengs, apa sih trombosit itu? Trombosit merupakan sel darah yang berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah. Kondisi ini di dunia medis disebut trombositopenia, dimana trombosit berada dalam jumlah yang rendah. 

Seseorang bisa mengalami trombositopenia karena beberapa hal seperti leukemia, infeksi, sedang menjalani perawatan kanker, sirosis hati, penyalahgunaan alkohol, pembesaran limpa, sepsis, penyakit autoimun dan mengkonsumsi obat – obatan tertentu. 

Jika trombosit darah berada di bawah 150.000 trombosit per mikroliter, maka sebaiknya kamu harus mencari tahu penyebab dan langkah yang tepat untuk melakukan perawatan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Nah, apa sih makanan yang bisa meningkatkan trombosit untuk orang yang sedang mengalami demam berdarah?

Makanan untuk Tingkatkan Jumlah Trombosit

Perawatan medis tetap dibutuhkan untuk untuk mengatasi jumlah trombosit yang rendah. Hal ini bertujuan untuk menghindari komplikasi. Apabila kamu mengalami trombositopenia ringan, maka kamu akan dianjurkan untuk meningkatkan jumlah trombosit dengan cara diet dan juga suplemen.

Dirangkum dari Healthline, beberapa jenis makanan berikut bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit bagi penderita demam berdarah :

1. Gandum Utuh

Jumlah trombosit yang rendah bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi gandum. Kandungan pada gandum berupa serat, mineral dan vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh.

2. Sayuran Hijau

Penderita demam berdarah yang memiliki jumlah trombosit rendah bisa mengkonsumsi sayuran hijau. Contohnya seperti selada, kubis, bayam, kangkung, dan brokoli yang menjadi sumber vitamin K yang tinggi. Vitamin K bermanfaat untuk proses pembekuan darah. Hal ini tentu sangat baik untuk meningkatkan jumlah dan kekuatan platelet darah. Manfaat lain dari sayuran hijau yaitu memisahkan sel trombosit yang saling menempel, keren kan?

3. Kurma

Makanan yang paling banyak dicari saat bulan ramadhan ini ternyata bisa meningkatkan jumlah trombosit. Alasannya karena kurma mengandung banyak vitamin, mineral dan fitonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin K pada kurma juga bisa meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh.

4. Jambu Biji

Buah – buahan yang biasanya dibuat jus ini rasanya sangat enak. Jam biji memiliki zat aktif yang disebut trombino. Trombino bisa merangsang trombopoietin menjadi lebih aktif sehingga bisa menghasilkan keping darah yang lebih banyak.

5. Buah Delima

Buah ini mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar trombosit di dalam darah dan sel darah merah. Bahkan, buah delima juga kaya akan mineral dan vitamin.

6. Buah Kiwi

Kandungan vitamin K pada kiwi sangat banyak. Vitamin ini bermanfaat untuk proses pembekuan darah bersama dengan trombosit. Vitamin K di dalam tubuh bisa merangsang tubuh untuk memproduksi trombosit dalam jumlah yang lebih banyak.

7. Buah Jeruk

Seorang penderita demam berdarah yang mempunyai trombosit rendah dikarenakan asupan folat atau vitamin B9 yang kurang. Gengs, kamu bisa mengkonsumsi buah jeruk yang bisa meningkatkan jumlah folat di dalam tubuh.

Itulah 7 makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit di dalam tubuh. Bagi penderita demam berdarah yang sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit pun bisa dibarengi dengan mengkonsumsi beberapa makanan di atas. Kurma, jambu biji, buah jeruk, termasuk makanan yang mudah didapat di pasar maupun supermarket. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *