5 Tempat Wisata Tegal Yang Indah

10 Tempat Wisata di Tegal yang Indah dan Murah


Temukan hal-hal terbaik terbaik untuk dilakukan di Tegal, Indonesia termasuk Pemandian Air Panas Guci, Telur Asin Tjoa, Kuil Tek Hay Kiong, Bendungan Cacaban, Taman Rita Tegal, Pantai Alam Indah, Taman Rakyat Slawi Ayu, Gedung Universitas Pancasakti, Kuil Hok Ie Kiong, Rihan Turisma dan masih banyak lagi.

Tempat wisata di tegal:

  • Air panas guci

Pemandian air panas Guci merupakan salah satu objek wisata alam di tegal yang sangat terkenal air panas guci ini berada di Dusun Pekandangan, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Lebih mudahnya lagi air panas guci ini terletak di kaki gunung slamet. Mata air panas tersebut ada 25 buah dengan panas yang bervariasi. Air yang keluar dari sumber air panas yang keluar dari tempat ini dipercaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti halnya pemandian air panas, pemandangan di sekitar Guci juga sangat menarik karena terletak di kaki Gunung Slamet. Jadi nuansa udara pegunungan yang sejuk sangat terasa.

  • Pantai Purwahamba Indah

Lokasi Kabupaten Tegal yang berada di pinggir Pulau Jawa menjadikan Kabupaten ini memiliki beberapa pantai yang sangat indah dan di antaranya dijadikan objek wisata karena memiliki pemandangan yang indah. saah satu pantai di Tegal yang hits adalah Pantai Purwahamba Indah. Pantai purwahamba indah ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari, kereta mini, sepeda air, gazebo, waterboom, kolam renang, cafe dan masih banyak lagi. Pantai Purwahamba Indah memiliki warna yang sangat indah, air pantainya masih jernih dan berwarna biru dan ombaknyapun tidak terlalu besar dan dipinggir pinggir pantai purwahamba indah ini ditumbuhi pohon-pohon palem yang rimbun. Jika kalian tertarik untuk mengunjungi pantai ini kalian bisa menemukan lokasinya di jalan raya Tegal – Pemalang km 14

  • Waduk Cacaban

Waduk Cacaban merupakan salah satu  objek wisata tegal yang sangat indah yang terletak di Kabupaten Tegal. Pemandangan dalam perjalanan saat menuju waduk cacaban ini adalah bangunan waduk yang sudag dibangun sejak tahun 1952 dan juga merupakan peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno. Waduk Cacaban sebenarnya fungsi utamanya adalah sebagai sarana irigasi untuk sawah milik warga di sekitarnya. Tetapi waduk cacaban juga digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai objek wisata yang sangat potensial dan memang pengunjungnyapun sangat banyak. Selama ini waduk Cacaban secara serius dikembangkan menjadi objek wisata. Hal tersebut dibuktikan dengan pembangunan beberapa fasilitas di sekitar waduk cacaban seperti adanya perkemahan, panggung hiburan, taman bermain anak-anak, warung terapung, wisata perahu dll.

  • Lokomotif antik agrowisata

Ingin menikmati lokomotif antik di sekitar desa dan perkebunan tebu? Di Tegal kalian dapat menikmatinya di lokomotif antik agrowisata yang dikelola oleh PG. Pangkah di Kabupaten Tegal, yang merupakan bagian dari PTPN IV Jawa Tengah. PG. Pangkah adalah perusahaan tentang perkebunan tebu dan pengolahan warisan pemerintah kolonial Belanda yang telah dinasionalisasi sebagai perusahaan Indonesia. Selain menikmati lokomotif antik, kalian juga dapat mengunjungi pabrik gula dan melihat langsung pembuatan gula menggunakan mesin. Pada saat-saat tertentu terutama sebelum musim panen mulai dilakukan ritual ‘temanten cane’ yang intinya merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil panen yang diperoleh sepanjang tahun.

  • Curug Cantel Bumijawa

curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan indah dalam bentuk curug atau air terjun dengan ketinggian 60 meter. Dengan ketinggian itu, maka air yang jatuh akan sangat deras. Tidak disarankan untuk mandi langsung di bawah air terjun. Namun sayangnya keindahan Curug Cantel Bumijawa belum dapat dinikmati oleh masyarakat umum karena lokasi objek wisata ini tersembunyi. Yang terletak di Dusun Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa – Kabupaten Tegal. Akses menuju lokasi wisata ini juga masih sulit dengan pelacakan sejauh 400 meter dari jalan raya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *